Cara Mudah Membuat Susu Sapi Berkualitas di Rumah

Banyak susu UHT atau yang dikenal dengan pasteurisasi di pasaran. Yang paling menarik, susu tersebut dilengkapi dengan berbagai varian rasa yang tentunya dapat ditemukan mudah di berbagai supermarket.

Contoh susu yang variannya paling sering dicari adalah susu sapi berkualitas. Susu yang juga tersedia dengan ragam varian rasa tersebut dapat kamu buat sendiri di rumah dengan sangat mudah.

Sebelum itu, tentunya harus memakai susu segar yang bisa langsung didapat di berbagai peternak berkualitas yang ada di lingkungan kalian masing-masing.

Adanya susu bervarian tersebut sangat bagus karena membuat anak jadi lebih suka dengan susu untuk menunjang kesehatan dan fisik tubuh anak. Terlebih kebanyakan anak memang suka susu beragam rasa dibanding hanya tawar.

Cara Mengolah Susu Sapi Berkualitas Menjadi Bervarian Rasa

Cara mengolah susu sapi yang berkualitas agar menjadi berbagai varian rasa sangat mudah. Kamu bisa mengolahnya di rumah dengan alat yang sederhana.

Hal tersebut sudah disampaikan oleh Dr. Epi Taufik, S.Pt, MVPH, M.Si, Kepala Divisi Teknologi Hasil Ternak, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPB).

Beliau menjelaskan jika proses pemberian rasa atau yang dikenal dengan flavouring pada susu yang banyak ditemukan di supermarket sangat mudah untuk ditiru di rumah.

Caranya memakai campuran perisa makanan yang dapat digunakan untuk membuat kue rumahan. Di mana cairan perisai tersebutlah yang nanti akan memberi berbagai kamu pilihan warna dan juga rasa di dalam susu.

Ia juga menambahkan jika campuran itu jugalah yang kata Epi sering digunakan untuk membuat beraneka susu berasa yang banyak ditemui di berbagai pabrikan.

Caranya dengan dicampur air minum sesuai takaran yang sudah ada di dalam botolnya. Saat melakukan pasteurisasi susu, tinggal menambahkan saja ke susu yang ingin dibuat.

Proses pasteurisasi yang kami berikan disini hanya bisa dilakukan untuk kalian yang mendapat susu segar yang dapat diperoleh dari peternak atau belum didinginkan maupun dipanaskan sebelumnya. Berikut langkah lengkapnya :

  1. Campurkan dulu beberapa tetes perisa makanan yang kamu inginkan sesuai selera. Misalnya bisa memilih rasa stroberi, coklat, alpukat atau lainnya dengan air minum biasa. Jika mau susu yang dibuat agak manis, bisa ditambahkan dengan sedikit gula. Aduk semua bahan yang tercampur hingga rata.
  2. Selanjutnya ketika proses pasteurisasi ingin dimulai, tuangkan sedikit larutan perisa ke susu.
  3. Aduk terlebih dahulu sampai rata baru nyalakan api yang kamu mau.
  4. Berikutnya tinggal melakukan langkah pasteurisasi selama 15 detik menggunakan suhu 75 derajat celcius.
  5. Selesai, susu murni sapi berkualitas aneka rasa sudah bisa dinikmati.

Cara membuat susu sapi berkualitas jadi susu beraneka rasa sangat mudah. Namun tetap perhatikan beberapa langkah yang telah kami berikan di atas.