Cara Mengurangi Nyeri Haid Tanpa Obat

Nyeri haid merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu aktivitas bagi sebagian besar wanita. Nyeri haid yang dirasakan pada saat menstruasi akan membuat tubuh sulit beraktivitas seperti biasa karena rasa nyeri yang tidak tertahankan. Bagi yang sering mengalami nyeri haid sebenarnya terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri haid yang mengganggu.

Penyebab Nyeri Haid

Otot dinding rahim memang selalu mengalami kontraksi halus sehingga tidak terasa. Namun kontraksi ini akan semakin kuat pada saat menstruasi karena adanya peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah di dinding rahim sehingga suplai darah dan oksigen ke rahim akan terputus. Kekurangan oksigen inilah yang membuat jaringan rahim menimbulkan rasa nyeri.

Rasa nyeri akan bertambah buruk karena tubuh mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin sehingga kontraksi otot rahim akan lebih banyak. Prostaglandin memicu ketidaknyamanan pada saat menstruasi serta memicu kondisi lainnya seperti lemas, mual, diare, sakit kepala, dan rasa nyeri.

Cara Menghilangkan Nyeri Haid

Rasa nyeri ini akan hilang seiring bertambahnya waktu dan akan dirasa sangat nyeri di hari 1 dan 2 menstruasi. Namun terdapat cara menghilangkan nyeri haid tanpa obat yaitu :

  1. Olahraga ringan

Mungkin banyak yang bermalas-malasan saat sedang haid namun sebaiknya waktu tersebut digunakan untuk berolahraga ringan untuk meredekan nyeri haid. Saat berolahraga, peredaran darah akan lebih lancar serta peningkatan hormon endorfin yang merupakan pereda nyeri alami untuk mengurangi efek hormon prostaglandin. Olahraga seperti senam aerobik atau jogging ringan juga akan membuat mood menjadi lebih baik dan dapat meredakan nyeri.

  1. Mengompres perut

Saat merasakan nyeri perut, cobalah untuk mengompres perut dengan botol yang berisi air hangat. Suhu hangat akan melemaskan otot-otot perut yang tegang sehingga akan mengurangi rasa nyeri. Botol bisa dibalut dengan kain agar rasa panas tidak langsung menyentuh kulit dan tidak membuat kulit iritasi. Mandi air hangat juga dapat membantuk merileksasikan otot-otot tubuh dan perut.

  1. Minum teh chamomile

Menurut penelitian, teh chamomile mampu membantu mengurangi nyeri haid karena mengandung senyawa hippurate yang dapat melawan peradangan. Sifat anti radang ini dapat mengurangi produksi prostaglandin sehingga dapat meredakan nyeri haid.

  1. Menghindari makanan dan minuman tertentu

Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu pada saat haid dapat meningkatkan rasa nyeri. Maka dari itu sebaiknya menghindari beberapa makanan tertentu seperti makanan tinggi garam, makanan berlemak, makanan bergula, alkohol, dan minuman bersoda.

Hindari juga minuman berkafein seperti kopi dan teh karena dapat memperparah kram dan nyeri perut. Sebaliknya, minumlah minuman yang hangat seperti jahe atau lemon hangat karena dapat memberikan efek menenangkan. Pastikan juga asupan vitamin dan mineral hariant tercukupi.

  1. Minum air putih yang cukup

Kekurangan asupan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab kram otot pada perut. Untuk mengurangi kram otot maka sebaiknya minum air putih yang cukup untuk meringankan nyeri haid. Air putih juga merupakan minuman yang sehat dibandingkan minuman lainnya yang mengandung tambahan gula.

  1. Berhenti merokok

Rokok memang sudah dikenal dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan paru-paru bahkan juga menjadi penyebab nyeri haid bertambah parah. Hal ini karena rokok dapat membatasi pasokan oksigen ke area panggul. Maka dari itu jika anda merupakan perokok aktif, cara untuk mengurangi nyeri haid yaitu dengan berhenti merokok. Merokok bahkan juga dapat meningkatkan risiko infertil atau tidak subur.