Cara Membuat Cairan Disinfektan di Rumah

Beberapa tahun terakhir ini memang cairan disinfektan menjadi kebutuhan pokok semua orang, karena cairan ini memang sangat ampuh dalam membunuh kuman, bakteri dan virus yang menempel dimana saja kemudian yang berada di udara juga.

Apalagi ketika virus corona sudah menyebar luas, maka cairan disinfektan sempat menjadi barang yang sangat langka dan harganya sangat mahal sekali. Maka dari itu memang, banyak ahli yang menuliskan formula khusus bagi mereka yang ingin meracik cairan ini sendiri di rumah tanpa harus membeli di supermarket atau di apotek.

Jenis disinfektan ini memang ada dua, ada yang berupa cairan kemudian ada juga yang disemprotkan. Nah yang disemprotkan ini sendiri memang tidak sembarangan orang bisa membuatnya maka mau tidak mau harus jasa semprot disinfektan, sedangkan yang home made sendiri rata rata menggunakan bahan yang sudah ada.

Sekarang kita akan bahas nih kepada anda dirumah beberapa racikan khusus dalam pembuatan disinfektan ini tentunya kami kutip juga dari sumber terpercaya dan bisa anda cek juga kebenaranya.

Secara sederhana campuran antara pemutih pakaian dan juga deterjen pembersih lantai sebenarnya sudah bisa menjadikan satu paket racikan disinfektan yang sangat ampuh dalam membasmi kuman dan bakteri serta virus.

Sedangkan badan resmi kesehatan dunia sendiri dalam hal ini WHO menganjurkan dalam pembuatan disinfektan mandiri ini bisa juga menggunakan racikan bahan bahan dari etanol dan sodium hipoklorit (pemutih).

Kemudian dari sisi pembuatan sendiri sederhana saja memang cara meraciknya dimana anda hanya membutuhkan campuran air biasa dnegan perbandingan 1:100 dengan cairan pemutih baju kemudian kocok dan diamkan setelah itu maka cairan sudah bisa anda gunakan sebagai disinfektan sekala rumahan.

Misalkan untuk mengelap gagang pintu, kemudian korsi, sampai dengan menyemprot kendaraan anda yang baru saja selesai di pinjam oleh tetangga misalkan dan lain sebagainya. Intinya tentu saja sangat irit sekali dan anda akan mendaptkan banyak sekali cairan disifektan yang sangat bagus dalam melindungi diri dan keluarga anda dari serangan bakteri, dan kuman.

Kemudian jika anda menggunakan sodium hipoklorit maka perbandinganya adalah 5% sodium kemudian campurkan dengan 1;100 larutan pemutih dan air. Ini nanti menjadi tiga jenis campuran, dan ini katanya lebih efektif efeknya dari yang pertama.

Atau kalau anda ingini simple, siapkan saja 10 mili cairan pembersih lantai dan masukan kedalam air satu liter. Ini sebenarnya sudah cukup dalam membasmi bakteri.