Asal-Usul Cemilan Croffle Kekinian yang Banyak Diminati

Croffle merupakan suatu cemilan berbahan dasar pastry yang kini bisa Anda temukan di berbagai kafe sampai restoran besar. Cemilan ini sering juga dijadikan sebagai makanan sarapan sampai makanan pengganjal perut. Tentu ada cerita di balik bagaimana asal-usul makanan ini popularitasnya melejit di kalangan food lovers.

Awal Mula Peracikan

Seperti namanya, mungkin beberapa orang sudah bisa menebak bahwa asal muasal cemilan ini berkembang dari negara Perancis. Namanya sendiri adalah perpaduan dari croissant dan waffle yang keduanya pun merupakan makanan dari Eropa. Karena bentuknya yang mirip waffle dan resep racikannya serta teksturnya mirip croissant, maka terbentuklah nama penggabungannya yaitu croffle.

Viral di tahun 2020-an, sebenarnya cemilan ini pertama kali dijual pada tahun 2017 di suatu toko kue Perancis bernama “La Petite Boulangerie”. Chef yang membuatnya berasal dari Dublin bernama Louise Lennox. Lennox menyukai croissant dan waffle sehingga ingin menggabungkan cita rasa keduanya dalam satu menu makanan.

Cemilan ini disajikan sebagai dessert atau sajian penutup. Sebagaimana menu kudapan baru, awalnya pastry ini jarang diketahui orang. Namun kombinasi rasa dan teksturnya yang unik membuat popularitas cemilan ini terus meningkat.

Cara Pembuatan

Umumnya, cara memasak menu ini seperti memasak waffle dengan pembentukan adonan seperti croissant. Menu pertama yang Lennox hidangkan dibentuk menurut campuran croissant yang lalu dimasak menggunakan cara dipanggang pada cetakan waffle. Makanan ini tentu cocok tersaji menjadi makanan penutup dengan cita rasa manis dan gurih, tergantung pada topping yang digunakan.

Lennox kemudian lalu melanjutkan pengembangan menu dengan menggunakan isian alpukat, tomat, krim keju, dan taburan remah gremolata, lengkap menggunakan taburan kacang hazel panggan pada atas pastry. Inovasi menu ini semakin cocok dengan lidah kebanyakan orang sehingga cara pembuatannya juga semakin variatif.

Melejit ke Berbagai Negara

Populer ke berbagai belahan dunia, awalnya menu ini berkembang di Korea Selatan pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020. Beragam jenis olahannya menjamur di Korea Selatan. Aktris dan penyanyi Korea Kang Min Kyung mulai membuat kudapan tersebut melejit setelah menyebutnya sebagai cemilan favorit saat bersantai. Ia menyebutnya dalam sebuah video di akun YouTube pribadi Kang yang berjudul “My Lovely Kitchen”.

Setelah video tersebut ditayangkan, menu ini menjadi jajanan populer di Korea Selatan. Popularitas pastry ini telah menyebar tidak hanya di Korea Selatan tetapi juga ke negara lain termasuk Indonesia. Sampai saat ini, penjualannya di banyak kafe dan toko pastry masih sangat melejit.

Karena sudah banyak diminati di berbagai negara, cemilan tersebut memiliki resep khas sesuai lidah masing-masing orang. Seperti di Indonesia, topping yang ditambahkan sangat beragam dari mulai cita rasa klasik seperti bubuk cinnamon, nutella, sampai bobba dan es krim vanila.

Cemilan kekinian memiliki berbagai resep yang beragam. Anda bisa menemukan artikel resep yang variatif dari mulai resep croffle hingga berbagai kudapan lainnya hanya di Orami. Tak perlu takut ketinggalan snack terkini selama Anda bisa masak sendiri di rumah dengan resep dari Orami.