5 Cara Bedakan Produk Asli atau Palsu Saat Beli Susu

Beberapa waktu lalu ditemukan peredaran susu kemasan palsu, yang dijual di sejumlah toko. Untungnya tidak ada nyawa pembeli susu yang melayang, akibat mengkonsumsi produk palsu tersebut. Padahal dari segi komposisi, ternyata sangat jauh dari produk susu yang bernilai gizi. Lantas adalah cara membedakan produk susu asli dan palsu?

Ini Lima Cara Bedakan Produk Susu Asli atau Palsu

Anda pasti tak ingin menjadi salah satu korban yang membeli susu palsu bukan? Ada cara mendeteksinya, jadi ketika ada indikasi susu palsu Anda bisa langsung melaporkan kepada pihak yang berwenang.

  1. Dari Kemasan

Pengecekan bisa dimulai dari kemasan, kebanyakan susu palsu adalah yang kemasannya kotak. Di dalam kotak tersebut, susu akan dibungkus dengan plastik aluminium foil. Jika terdapat lipatan tegas pada bagian samping kemasan tersebut, ada indikasi bahwa itu susu palsu.

Kemasan susu palsu juga isinya datar dan tidak menggembung, beda dengan susu asli yang terlihat menggembung pada bagian tengah kemasan.

  1. Cek Komposisi

Anda bisa membandingkan, komposisi pada kotak kemasan asli dan palsu. Pada beberapa kasus, komposisi memang sulit dibedakan sebab susu palsu dikemas dengan kotak asli. Tapi ada juga yang menggunakan kemasan sendiri dengan komposisi yang tidak sesuai, inilah yang patut dicurigai.

  1. Bagaimana Warnanya?

Ketika Anda akan mengkonsumsinya, coba cek warna susu tersebut. Jika warnanya putih bersih, maka itu bisa masuk kategori susu asli. Tapi ketika warna susu lebih kuning pekat, atau hingga kemerahan maka susu tersebut sudah terindikasi palsu. Bisa saja warna yang dihasilkan akibat kolaborasi bakteri dan komposisi yang tidak tepat.

  1. Aromanya Sangat Beda

Aroma susu yang asli akan sangat enak dan menggugah selera, terutama jika diberi varian rasa tertentu. Misalnya susu rasa vanila, stroberi, atau coklat maka akan ada perpaduan aroma susu asli dan rasa tersebut. Sedangkan susu palsu, aromanya tidak segar, apek, dan cenderung kurang sedap.

  1. Kental atau Tidak

Pada susu asli, semakin banyak susu diberi air maka tingkat kekentalannya akan makin turun. Beda dengan susu palsu yang kekentalannya tidak stabil, sangat mudah diidentifikasi melalui gumpalan yang terjadi dan kekentalan yang statis.

Mau Beli Susu Asli Tanpa Was-was? Lakukan Ini Dulu!

Memang sangat mengerikan, ketika mendengar adanya oknum penjual susu palsu. Tapi Anda jangan khawatir, jika ingin membeli susu tinggal lakukan hal-hal penting berikut maka produk asli akan Anda dapatkan.

  • Belilah susu di tempat yang aman, seperti pusat penjualan susu formula yang direkomendasikan oleh banyak pihak.
  • Coba beli dalam ukuran kecil dulu jika Anda baru ingin mencoba sebuah produk susu, lalu tes keasliannya di rumah. Jadi, Anda terhindar dari kerugian besar jika langsung membeli dalam jumlah banyak.

Jangan abaikan identifikasi keaslian produk susu, ketika Anda akan atau sudah beli susu tersebut. Semakin cepat diketahui keasliannya, akan semakin berkurang kemungkinan Anda dan keluarga jadi korban jual beli produk susu palsu.