4 Kegiatan yang Mendukung Tahap Perkembangan Kognitif Anak

Tahap perkembangan kognitif merupakan bagian yang penting dalam siklus tumbuh kembang seorang anak. Karenanya, orangtua perlu mendukung agar berlangsung secara optimal. Sebab, akan berhubungan langsung dengan masa depannya.

Terdapat beberapa aktivitas yang dapat dilakukan bersama orang tua dan anak demi mendukung setiap perkembangan kognitif yang dilalui oleh sang Buah Hati.  Lakukanlah dengan konsisten dan penuh kesabaran.

Kegiatan yang Mendukung Tahap Perkembangan Kognitif

Untuk mendukung tahap perkembangan kognitif seorang anak, maka diperlukan usaha yang terus-menerus dan tingkat kesabaran orang tua. Sebab tanpa hal tersebut maka anak akan cenderung menjadi lebih cepat bosan.

Selain itu pendampingan orang tua akan membuat anak merasa nyaman sehingga mampu mengembangkan kemampuan berkomunikasi nya. Dengan demikian orang tua dapat  mengenali apa saja kebutuhan sang Buah Hati.

Memberikan Makanan yang Mendukung Perkembangan Otak

Langkah pertama untuk mendukung tahap perkembangan kognitif sang buah hati adalah dengan memberikan makanan yang mengandung nutrisi untuk mendukung perkembangan otaknya.

Pada umumnya gizi yang dimaksud adalah asam omega-3,  asam Omega,  serta DHA. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari makanan laut serta minyak ikan. Untuk anak dalam masa pertumbuhan bisa diberikan susu perkembangan yang mengandung ketiganya.

Mendongeng Sebelum Tidur

Salah satu aktivitas yang mampu mendukung perkembangan kognitif nya adalah kebiasaan Mendengarkan dongeng sebelum tidur. Artinya orang tua perlu meluangkan waktu untuk bercerita tentang kisah-kisah yang memiliki nilai moral baik pada anak.

Dengan mendongeng maka anak-anak akan belajar bagaimana mengembangkan serta mengenali karakter yang ada pada cerita tersebut. Selain itu biasanya media yang digunakan adalah buku khusus anak yang memiliki gambar serta warna yang menarik.

Dari situ ya bisa mempelajari banyak hal. Antara lain adalah bentuk huruf yang berbeda, berbagai macam warna, serta mengembangkan kemampuan komunikasi dengan belajar bertanya.

Bernyanyi dengan Tema Tertentu

Perkembangan kognitif juga bisa distimulasi dengan menyanyikan lagu yang mengandung tema tertentu. Karena cara ini sangat menyenangkan sehingga anak-anak bisa mempelajarinya dengan cepat.

Jika anda menginginkan anak mempelajari angka, maka nyanyikanlah lagu lagu “Balonku Ada Lima” yang menceritakan tentang banyaknya balon dan warna.

Mengeskplor Alam

Aktivitas terakhir ini membutuhkan waktu luang yang agak banyak. Orang tua dapat membawa anak untuk mengeksplor alam bebas. Tentunya harus dipilih waktu yang tepat dengan keadaan yang aman.

Dengan mengekspor alam maka anak akan mengetahui berbagai macam bentuk yang ada.  Sang buah hati juga bisa mempelajari berbagai macam hewan yang ditemui di alam. Juga bisa mengenal berbagai macam warna yang unik dan menarik.

Anda dapat mencoba melakukan beberapa kegiatan di atas untuk mendukung tahap perkembangan kognitif seorang anak. Dalam masa ini tentu saja dukungan orang tua dapat membawa dampak yang positif.