Tips Memilih Matras Yoga Terbaik untuk Senam

Banyak orang dengan jam kerja tinggi rawan terkena stres. Selain berwisata dan mencari hiburan, beberapa orang memilih yoga untuk menghilangkan tekanan dan beban kerja. Yoga adalah sebuah kegiatan konsentrasi untuk mengurangi stres dan merelaksasi tubuh. Berikut adalah tips memilih matras yoga terbaik untuk Anda yang ingin mencoba yoga di rumah.

  1. Bahan Matras Yoga

Bahan matras akan berpengaruh pada kenyamanan Anda dalam melakukan yoga. Tingkat kekesatan juga berpengaruh pada pose yang Anda lakukan. Matras yang terbuat dari PVC dan sejenis plastik mempunyai tingkat kekesatan tinggi. Anda membutuhkan matras anti selip agar tidak tergelincir.

Fungsi dari matras anti slip juga agar tidak cedera sewaktu melakukan pose rumit. Bahan yang direkomendasikan adalah dari katun, karet alami dan goni. Tiap bahan memiliki daya tahan dan kelebihan tersendiri terutama efektivitasnya. Sebaiknya Anda memilih matras yang terbuat dari bahan daur ulang agar tidak mencemari lingkungan.

  1. Tingkat Ketebalan

Matras yoga mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Umumnya matras pilates memiliki tebal 15 milimeter, sedangkan ukuran 1 milimeter biasanya untuk dibawa bepergian. Matras yoga untuk bepergian biasanya dilengkapi tali untuk dapat dibawa ke berbagai tempat. Fungsi matras tipis juga agar mudah jika dilipat.

Ada dua tingkat ketebalan untuk matras yoga diantaranya ukuran standar hingga ukuran bold. Untuk ukuran standar adalah 4 milimeter yang dapat melindungi persendian. Untuk tipe bold sekitar 6 milimeter yang berfungsi untuk tingkat kenyamanan tinggi. Tiap matras tergantung pada Anda melakukan yoga, apakah di dalam atau luar rumah.

  1. Harga Matras

Harga matras yoga tergantung tiap mereknya, namun harga tidak selamanya bicara tentang kualitas. Matras berkualitas tinggi dapat berkisar Rp300.000,- hingga Rp800.000,-. Anda dapat melakukan yoga dengan karpet ruang tamu, namun jika ingin nyaman Anda dapat membeli matras kualitas tinggi. Sesuaikan dana dengan keinginan yoga Anda.

Jika Anda melakukan pose sun salutation, lebih baik membeli matras diatas harga Rp800.000,-. Pengeluaran Anda akan sepadan dengan manfaat yoga yang Anda dapatkan. Untuk Anda yang baru memulai latihan yoga, matras murah dapat menjadi pilihan meskipun mungkin tidak akan bertahan lama. Semua tergantung tingkat dan kebutuhan yoga Anda

  1. Sesuaikan Tipe Tubuh

Jika Anda memiliki tubuh kecil atau kurus disarankan memakai matras tebal. Untuk pribadi yang memiliki tulang kuat dan lapisan lemak ideal, jenis TPE dan PVC cocok untuk Anda. Matras jenis ideal berukuran antara 6 milimeter. Jika Anda bertubuh ideal dan bertulang kuat namun tulang ekor tetap sakit, alangkah baiknya menggunakan matras tebal.

  1. Berdasarkan Yoga yang Diikuti

Jika Anda berlatih  flow yoga, anda membutuhkan jenis grip atau traksi. Fungsi jenis grip agar lengan Anda tetap pada tempatnya. Untuk jenis Yin Yoga, jenis grip tidak terlalu penting karena gerakannya lebih santai. Untuk gerakan yang tidak terlalu kompleks dapat menggunakan matras yang nyaman dan lembut.

  1. Ganti Jika Sudah Waktunya

Matras yoga memiliki umur dan rentan penggunaan yang berbeda-beda. Jika matras yoga Anda sudah mengalami kerusakan seperti sobek atau menjadi licin, Anda wajib menggantinya. Penggantian matras yoga membantu Anda mengembalikan kembali kenyamanan pose dan berlatih Anda. Manfaat yang lain dapat mengurangi kecelakaan saat yoga.

Berikut tadi adalah tips memilih matras yoga terbaik untuk senam Anda. Pemilihan matras yoga yang tepat dapat membantu kenyamanan dan hasil yoga Anda. Hindari matras yoga yang sudah rusak dan cacat. Jika ingin mendapatkan matras yoga, kunjungi fitco.id, di sana jual matras yoga.