Tahapan Pengolahan Data Pada Analisis Statistik Deskriptif

Untuk mendapatkan hasil dari analisis statistik deskriptif yang dilakukan, ada beberapa tahapan pengolahan data yang harus diterapkan. Pengolahan data ini adalah usaha untuk mendapatkan apa yang nantinya ingin dijadikan data awal untuk memahami sebuah deskripsi fenomena atau populasi yang menjadi objek dari bahan kajian.

Sebagaimana diketahui, statistik deskriptif adalah salah satu metode pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dengan cara menjelaskan secara umum kondisi dari fenomena tersebut. Oleh karenanya, statistik deskriptif tidak akan memberikan rumusan secara terperinci dari apa yang menjadi objek penelitian.

Beberapa Tahapan Pengolahan Data Analisis Statistik Deskriptif

Berbincang tentang pengolahan data analisis statistik deskriptif, ada beberapa tahapan pengolahan data yang harus dilakukan. Tahapan ini nantinya akan membantu proses penyelesaian analisis hingga menjadi data yang lengkap dan sesuai apa yang direncanakan.

Adapun beberapa tahapan pengolahan data dalam statistik deskriptif tersebut adalah sebagai berikut:

  • Editing data

Editing data atau pematangan data sebelum diproses adalah hal yang cukup krusial. Ini adalah tahapan awal untuk memastikan bahwa data siap untuk diproses. Ada beberapa hal yang dapat diketahui dari proses editing data tersebut, seperti kejelasan data, keterbacaan, konsistensi serta kelengkapan data dan lainnya.

Tentu, dengan adanya editing data yang dilakukan secara menyeluruh, maka nantinya kesalahan dalam proses pengumpulan data bisa dikurangi. Tidak hanya itu, data yang diperlukan nantinya juga bisa dipastikan kelengkapannya sehingga akan membantu peneliti untuk mengolah data.

  • Pengembangan variable

Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa variable tertentu. Hanya saja, dalam pengolahan data seringkali terdapat pengembangan variable. Dalam hal ini, pengembangan variable dilakukan sebagai sebuah proses transformasi untuk membantu pengolahan data agar bisa dilakukan dengan mudah.

  • Pembuatan kode data

Tahapan selanjutnya dalam proses analisis statistik deskriptifterkait pengolahan data adalah pembuatan kode data. Ini adalah poin yang dilakukan untuk memberikan kode pada data yang telah terkumpul. Kode ini nantinya juga akan membantu proses menerjemahkan data dan mempermudah analisis statistik yang akan dilakukan.

Bisa dikatakan bahwa pembuatan kode data ini cukup penting. Oleh karenanya, sebelum melakukan pengumpulan data, pembuatan kode harus dilakukan dengan konsisten.

  • Cek kesalahan

Pengecekan kesalahan adalah proses manual yang dilakukan sebelum melakukan digitalisasi data. Pada tahapan ini, data akan dicek ulang sehingga nantinya akan diketahui mana data yang sekiranya salah atau kurang maksimal sebelum diolah.

  • Pembuatan struktur data

Tahapan lanjutan dalam pengolahan data adalah pembuatan struktur data. Struktur ini digunakan sebagai wadah untuk memasukkan semua data yang dilakukan sebelum proses analisis dilakukan.

  • Cek pre-analisis komputer

Struktur data yang sudah final nantinya akan dipersiapkan untuk analisis komputer. Hanya saja, sebelumnya harus dilakukan pre-analisis komputer agar kelengkapan serta konsistensi data bisa diketahui dengan baik dan proses analisis akan berjalan dengan lebih lancar.

  • Tabulasi

Proses analisis statistik deskriptif dilakukan dengan tabulasi. Ini adalah tahapan yang digunakan untuk menciptakan statistik deskriptif dengan beragam variable yang diteliti. Tidak hanya itu, ada tabulasi silang yang dilakukan untuk mendapatkan hasil analisis yang berbeda dan cenderung lebih kompleks.

Beberapa poin di atas adalah tahapan yang bisa dikatakan cukup penting untuk melakukan pengolahan data dengan analisis statistik deskriptif. Dengan pemahaman yang baik terkait tahapan dalam proses analisis, tentu saja hasil analisis akan bisa didapatkan dengan lebih maksimal dan data bisa disajikan dengan lebih jelas.