Poin Utama yang Dilirik saat Membeli Rumah Idaman

Siapapun ingin bisa memiliki rumah sendiri yang nyaman. Rumah idaman setiap orang tentu berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, selera, dan kemampuan danannya. Anda yang akan membeli rumah idaman dengan jasa kredit rumah mudah harus memperhatikan beberapa poin. Berikut poin utama yang harus dilirik saat akan membeli rumah idaman agar tidak kecewa.

  1. Reputasi Developer

Saat melakukan pembelian rumah poin yang penting adalah melihat reputasi developer. Jangan melakukan pembayaran rumah secara lunas jika bentuk rumahnya belum tampak. Anda harus melihat langsung rumah tersebut sudah mulai proses pembangunan baru melakukan pemberian uang muka.

Hal ini untuk menghindari terjadinya penipuan uang. Kemudian pastikan pihak developer yang bertanggung jawab untuk semua pengurusan sertifikat rumah sampai dengan selesai. Anda bisa mengetahui reputasinya terpercaya atau tidak dengan mengecek izin dari tanah yang akan dibangun rumah, izin lokasi pembangunan dari pemerintah setempat.

  1. Fasilitas yang Ditawarkan

Jika Anda membeli rumah dalam bentuk sebuah komplek yang dilakukan dengan kredit sebaiknya memastikan fasilitasnya. Tanyakan apa saja fasilitas umum yang tersedia seperti tempat ibadah, taman, security, ataupun tempat pembuangan sampahnya. Selain itu seberapa jauh akses angkutan umum bisa dijangkau.

  1. Cek Harga Pasaran

Jangan langsung tergiur dengan rumah mudah, Anda harus terlebih dahulu mencegah harga pasaran di sekitar area rumah tersebut. Anda bisa melakukan pengecekan di harga terendah dari nilai jual objek pajak di situs resmi Badan Pertanahan Nasional. Dari sini bisa didapatkan harga perkiraan rumah sehingga tidak mudah untuk termakan iklan promo dari agen marketing rumah.

  1. Informasi Properti

Poin selanjutnya adalah mencari tahu tentang informasi properti. Rumah yang Anda beli ada tipenya, ini bisa dicari tahu berapa harga properti tipe segitu dan berapa harga jual tertingginya. Ini akan menjadi acuan untuk mengambil keputusan dalam pembelian rumah.

Tipe yang Anda pilih juga akan mempengaruhi penerapan desain rumah yg bikin relax. Konsultasikan dengan desainer rumah yang digunakan untuk mendapatkan solusi dan informasi agar kenyamanan bisa didapatkan nantinya.

  1. Budget

Poin apa lagi yang lebih penting selain budget untuk membeli rumah. Anda tentu sudah mempersiapkan dana yang akan digunakan.  Saat melakukan pencarian rumah sebaiknya langsung melakukan filter sesuai budget baru melakukan langkah lainnya yang ada di atas.

Jangan memaksakan diri untuk membeli rumah di luar kemampuan Anda karena ini bisa berdampak buruk. Tidak hanya mengganggu keuangan tetapi juga bisa menjadi pemicu pertengkaran di dalam rumah. Jadi, pilihlah yang benar sesuai dengan budget. Jika pun kredit tetap pertimbangkan jangka waktu yang diperlukan untuk membayar rumah sampai selesai.

  1. Lingkungan Rumah

Rumah idaman tentu saja sepaket dengan kondisi lingkungannya. Anda perlu menilai lingkungan rumah memiliki keamanan yang terjaga atau tidak. Hal ini menjadi poin penting agar merasa nyaman selama tinggal di area tersebut nantinya.

Selain itu lihat juga bagaimana kondisi sekitar rumah, tenang atau ribut. Ini sangat berpengaruh saat di malam hari apalagi jika memiliki anak bayi. Lihat juga kebersihan lingkungan rumah yang akan dibeli ini penting sebagai salah satu upaya mencegah diri terkena berbagai penyakit.

  1. Air yang Tersedia

Jangan mengabaikan hal penting ini saat membeli rumah karena akan mempengaruhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Dari mandi, mencuci, atau pun masak. Anda harus melihat bagaimana kondisi air yang tersedia. Poin ini penting sekali karena akan mempengaruhi kenyamanan selama tinggal di rumah. Jangan tergiur harga murah tetapi ternyata kondisi airnya tidak terjaga.

Tanyakan bagaimana ketersediaan air dari rumah tersebut, apakah dari sumur tanah, sumur bor, atau dari air PAM. Anda harus menanyakan ini dengan detail. Jika memang airnya harus beli atau bayar tanyakan langsung tersedia nantinya atau harus Anda yang mengurusnya lagi. Bagaimanapun juga kebutuhan akan air ini tidak bisa diabaikan.

Wujudkan rumah imajinasimu sekarang juga dengan memperhatikan poin-poin penting ini. Diskusikan dengan pasangan sebelum mengambil keputusan karena Anda akan tinggal berdua dengannya tentu kenyamanan berdasarkan penilaian bersama. Buat yang ingin mendapatkan informasi tentang rumah dengan kualitas terbaik bisa mengunjungi website btnproperti.co.id.