Perkembangan Janin di Trimester Pertama, Bumil Wajib Tahu!

Rasa bahagia pasti menyelimuti wanita yang baru pertama kali merasakan kehamilan, terlebih jika Anda dan pasangan sudah lama menanti kehadiran si buah hati. Tak heran jika bumil selalu merasa penasaran dengan perkembangan janin yang dikandungnya. Setiap momen kehamilan sangat berharga, tak terkecuali pada trimester pertama kehamilan.

Trimester pertama terhitung dari hari pertama menstruasi terakhir dan berlangsung hingga akhir minggu ke 12. Pada masa ini, tak sedikit ibu hamil yang merasakan morning sickness atau mual berulang. Seperti inilah perkembangan janin Ibu di trimester pertama kehamilan.

Bulan Pertama Kehamilan

Di bulan pertama masa kehamilan terhitung sejak pembuahan terjadi, zigot atau sel telur yang dibuahi yang sekaligus menjadi cikal bakal janin Anda, akan bergerak menuju rahim.

Kantung ketuban juga mulai terbentuk, dan berfungsi untuk membungkus embrio. Umumnya di bulan pertama ini, janin terlihat memiliki lingkaran hitam pada bagian wajah yang nantinya akan berkembang menjadi mata serta bagian wajah lainnya. Mulut, rahang bawah serta tenggorokan janin pun juga sudah mulai terbentuk.

Bulan Kedua Kehamilan

Ketika memasuki bulan kedua, calon buah hati yang Anda kandung sudah mulai memiliki tulang. Tak hanya tulang, jaringan sistem saraf pusat termasuk saraf tulang belakang, otak, serta jaringan saraf tepi pun juga sudah mulai terbentuk.

Pada bulan kedua kehamilan, janin Anda akan memiliki lipatan kecil di kedua sisi kepalanya yang nantinya akan berkembang menjadi telinga. Bagian wajah pun terus mengalami perkembangan, bersamaan dengan mulai terlihatnya kaki dan tangannya.

Bulan Ketiga Kehamilan

Perkembangan janin Anda di bulan ketiga kehamilan akan mulai memasuki tahap terbentuknya organ dalam. Organ reproduksinya sudah mulai berkembang, begitu pula dengan organ dalam lain seperti sistem peredaran darah, hati yang mulai memproduksi empedu, dan urine yang juga mulai bekerja.

Janin yang Anda kandung pun sudah mulai tumbuh gigi. Bagian tubuh lainnya seperti telinga, lengan, tangan, tungkai, serta kaki sudah mulai terbentuk lengkap. Pada masa kehamilan di bulan ketiga, panjang janin akan bertambah menjadi kurang lebih 7,5 hingga 10 centimeter dengan berat kurang lebih 28 gram.

Di Masa Kehamilan Trimester Pertama, Bumil Perlu Menghindari Hal ini

Agar bumil serta janin yang dikandung selalu dalam kondisi sehat, Anda perlu menghindari hal-hal berikut ini

  • Kebiasaan merokok
  • Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan kafein
  • Mengonsumsi makanan laut serta ikan mentah yang tinggi merkuri, contohnya ikan makerel, ikan todak, dan ikan kakap putih
  • Mengonsumsi obat sembarangan tanpa anjuran dari dokter
  • Mengonsumsi daging yang diawetkan
  • Mengonsumsi susu ataupun produk susu yang tanpa melalui proses pasteurisasi

Itulah perkembangan janin di trimester pertama kehamilan. Kehamilan di fase awal ini merupakan tahapan yang krusial, sehingga Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gangguan kesehatan selama kehamilan.