Pentingkah Berpuasa Bagi Ibu Hamil?

Wanita hamil memerlukan banyak asupan gizi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sedangkan bila puasa  kita pastinya menahan makan dan minum dalam waktu tertentu. Lalu, pentingkah puasa bagi ibu hamil? Nah, pada dasarnya puasa tidak diwajibkan bagi ibu hamil. Namun aktifitas ini boleh saja dilakukan asal tetap membuat kehamilan Anda nyaman dan aman. Misalnya tidak timbul keluhan seperti lemas atau pusing selama menjalankan puasa di saat hamil. Puasa sebenarnya justru membuat jadwal makan Anda teratur, yaitu di pagi hari saat sahur dan malam hari ketika berbuka.

  • Asupan gizi yang seimbang

Perhatikan asupan gizi saat sahur ataupun ketika berbuka. Pilihlah menu sahur dan berbuka yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi ibu hamil,serta calon bayi selama sehari penuh.

  • Perbanyak konsumsi cairan

Ketika puasa pastinya dituntut untuk tidak makan atau minum apapun menjelang terbit fajar hingga tenggelamnya fajar, sementara sekresi terus berlangsung melalui urine ataupun keringat. Oleh karena itu perbanyak cairan tubuh dengan konsumsi banyak air putih, jus buah, atau susu saat sahur dan berbuka.

  • Istirahat yang cukup

Pada kondisi hamil, umumnya seorang calon ibu akan lebih cepat lelah karena dia sedang membawa beban dalam perutnya. Apalagi jika Anda memutuskan untuk menjalankan puasa. Istirahatlah dengan cukup untuk menghindari kelelahan agar puasa lancar, serta Anda dan janin tetap dalam kondisi yang prima.

  • Tetap jalanilah kehamilan walaupun sedang berpuasa

Dengan berpuasa, menjadikan hati lebih tenang, serta beban pikiran bisa terlupakan. Hal ini akan mengurangi tingkat stres ibu, yang pastinya berpengaruh positif terhadap kesehatan ibu dan calon bayi yang ada dalam kandungan. Jadi jangan sampai di abaikan mengenai kehamilan Anda ketika berpuasa, tetap menjalani aktifitas-aktifitas yang dapat menyehatkan tubuh dan janin. Dalam catatan jangan terlalu memforsir tenaga.

Demikian ulasan singkat mengenai pentingkah puasa bagi ibu hamil. Pada dasarnya puasa juga menghindarkan Anda dari terserang penyakit akibat pola makan yang tidak baik. Namun ada baiknya juga konsultasikan terlebih dahulu pada bidan atau dokter yang menangani Anda mulai awal kehamilan. Berpuasa sangat baik bagi ibu hamil usia 1 sampai 8 bulan, jika memasuki bulan ke 9, disarankan tidak berpuasa dahulu, ditakutkan persalinan bisa maju dari tanggal perkiraan dokter. Semoga bermanfaat bagi para ibu hamil.