Gejala Kanker Paru-Paru Stadium Awal yang Harus Segera Ditangani

Menurut WHO (World Health Organization), kanker paru-paru merupakan salah satu penyebab utama kematian hingga 1,59 juta jiwa pada tahun 2012. Jumlahnya diperkirakan meningkat selama dekade berikutnya. Untuk itu, sangat diperlukan kewaspadaan sejak dini mengenai gejala awal. Berikut ini adalah gejala kanker paru stadium awal yang perlu segera ditangani sebelum menyebar.

  1. Batuk yang Berkelanjutan

Gejala yang paling dasar dari kanker paru adalah batuk yang berkelanjutan. Kondisi yang mengkhawatirkan ini memang tak kunjung sembuh sampai waktu lebih dari dua minggu. Hal ini mengindikasikan penyakit serius yang menyerang paru-paru. Jika menemukan gejala ini, maka segeralah pastikan apakah merasakan gejala lain atau tidak. Periksakan juga ke dokter agar pasti.

  1. Batuk Berdarah

Salah satu gejala dari kanker stadium awal adalah batuk berdarah. Batuk kronis yang berkelanjutan dan disertai darah ini memang harus diwaspadai dan segera ditindaklanjuti dengan pemeriksaan pasti secara medis. Bisa jadi tanda ini terkait dengan kanker paru.

  1. Nyeri di Dada

Rasa nyeri di bagian dada menandakan adanya gangguan kesehatan di organ tubuh di area dada. Umumnya, rasa nyeri dada yang mengindikasikan kanker paru ini terasa tajam, tumpul, dan muncul secara terus menerus. Bahkan, terkadang juga muncul dan tenggelam.

Nyeri dada ini memang menyerupai tanda penyakit jantung, namun tanda khususnya jika berkaitan dengan paru-paru adalah bahwa rasa nyerinya semakin terasa saat menarik napas dalam, batuk, dan tertawa. Dalam kasus tertentu, nyeri dada ini dapat menjalar ke bagian bahu atau punggung.

  1. Sesak Napas

Sesak napas menandakan adanya gangguan pernapasan. Jika berkaitan dengan kanker paru stadium awal, maka sesak napas yang dialami ini akan terasa saat melakukan aktivitas sederhana. Sesak napas ini terjadi karena sel kanker menghalangi saluran pernapasan ataupun menyebabkan penumpukan cairan di sekitar paru-paru, sehingga menekan paru-paru.

  1. Suara Serak

Suara yang menjadi parau atau serak juga menjadi tanda kanker paru stadium awal. Apabila suara serak ini ditandai dengan gejala lain di atas, maka bisa diduga karena kanker paru. Kondisi ini muncul tiba-tiba dan berlangsung lama yaitu lebih dari dua minggu. Kondisi ini terjadi karena sel kanker mempengaruhi saraf yang mengatur pita suara.

  1. Mengi

Mengi adalah bunyi yang timbul ketika Anda menarik atau mengeluarkan napas. Mengi yang timbul ini menjadi pertanda ada gangguan pernapasan. Jika mengalaminya setiap kali bernapas, maka segeralah periksakan ke dokter. Jangan menunda lagi.

  1. Penurunan Berat Badan

Saat terdapat gangguan kesehatan, penurunan berat badan adalah gejala yang sering terjadi. Kehilangan berat badan secara drastis adalah salah satu gejala kanker paru stadium awal. Jadi, jangan abaikan jika memang mengalaminya. Periksakan ke dokter agar memperoleh kepastian atas penyebabnya hingga penanganan medis berikutnya.

Kanker paru-paru memang salah satu penyakit yang muncul ketika sel kanker berkembang di paru-paru. Berbagai gejala kanker paru stadium awal tersebut bisa dipicu oleh kebiasaan hidup yang tidak sehat, termasuk merokok dan berada di lingkungan yang berpolusi. Efek radikal bebas dan kuman sangat berisiko. Untuk itu, hindarilah faktor risiko dan sebelum mengalami gejalanya.