Cara Perawatan Tas Wanita yang Benar Agar Tas Tetap Awet

Tas menjadi barang koleksi yang selalu ada di dalam lemari terutama para wanita. Tas wanita sudah menjadi barang fashion yang selalu dibawa kemana saja agar dapat tampil lebih cantik dengan pilihan desain yang banyak dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Merawat Tas Wanita

Rata-rata tas wanita hanya akan disimpan begitu saja di dalam lemari tanpa dirawat dengan benar sehingga lama kelamaan tas akan rusak ataupun membersihkan tas dengan cara yang salah. Padahal membersihkan tas sebenarnya cukup mudah. Berikut cara merawat tas sesuai dengan jenis bahan.

  1. Merawat Tas Kulit Asli

Banyak yang menganggap bahwa tas kulit mudah rusak dan mudah terkelupas padahal jika dirawat dengan benar, tas akan lebih awet. Cara merawat tas kulit juga sangat mudah. Selalu jauhkan tas kulit dari zat cair apapun itu agar tas tidak mudah mengelupas baik itu air minuman, hujan, dan lain-lain.

Apabila tas terkena air, segera bersihkan dengan kain lembut. Hindari mengusap permukaan tas, cukup dengan menepuk kain secara perlahan hingga air terserap sepenuhnya pada kain. Selain itu, setidaknyya setiap minimal 2 minggu sekali anda harus mengeluarkan tas dari lemari.

  1. Merawat Tas PU

Tas PU sangat diminati karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan tas kulit asli. Tips pertama yaitu hindari tas PU dari paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama karena bahan PU akan lebih mudah rusak dan mengelupas. Sama seperti kulit asli, jauhkan dari air dan cairan lainnya.

Untuk membersihkan tas dari noda, anda bisa menggunakan baby oil. Cukup tuang sedikit baby oil pada kapas atau kain micro fiber kemudian usap secara perlahan ke seluruh permukaan tas. Hal ini akan membuat tas tetap bersih dan menjaga kelembapannya.

  1. Merawat Tas Batik

Batik menjadi bahan yang dapat digunakan untuk membuat apa saja mulai dari perlengkapan perabot rumah tangga, pakaian, sepatu, hingga tas. Tas batik memiliki peminat yang sangat banyak karena motifnya yang beraneka ragam dan sangat cantik.

Perawatan tas batik juga penting agar terlihat baru setiap digunakan, tidak kusam, dan awet. Untuk membersihkan tas, gunakan air dan sabun pembersih khusus batik sehingga tidak merusak warna dan membuatnya luntur. Bilas hingga bersih dari sisa sabun kemudian jemur di tempat teduh.

  1. Merawat Tas Kanvas

Tas kanvas memang dikenal sangat awet dan memiliki daya tahan yang baik namun tentu saja harus dibantu dengan perawatan yang benar. Tas kanvas tidak boleh dicuci secara sembarangan karena akan merusak kain. Apabila terkena noda, segera bersihkan dengan kain basah dan usap secara perlahan hingga noda menghilang atau pudar.

Anda bisa menambahkan sedikit sabun yang sudah dicampur dengan air pada kain kemudian usap kembali pada noda yang sulit dihilangkan. Ulangi proses kemudian gunakan kain bersih tanpa sabun untuk menghilangkan sisa sabun pada tas. Setelah itu tinggal menjemurnya di tempat teduh hingga kering. Kain kanvas tidak boleh sering dicuci karena akan merusak tas.

  1. Merawat Tas Jeans

Jeans umum digunakan sebagai bahan pakaian namun sudah banyak tas wanita dari bahan jeans. Cara membersihkannya juga sama dengan cara membersihkan pakaian. Cukup gunakan air dingin dan gunakan sikat lembut untuk menggosok hingga noda hilang, tidak perlu menggunakan sabun atau deterjen. Bilas hingga bersih kemudian jemur di tempat teduh hingga kering.