Cara Memberikan Makanan Kucing Persia agar Gemuk Maksimal

Kucing kesayangan Anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik jika Anda memberikan pola makan yang baik untuknya. Tak hanya itu saja, jika Anda menginginkan kucing memiliki tubuh yang sehat dan gemuk maksimal, pastikan nutrisi yang terkandung dan cara memberikannya. Nah berikut cara tepat memberikan makanan kucing Persia.

Berikan Makanan Secara Teratur

Waktu makan yang baik merupakan waktu makan yang teratur, hari ini dengan hari selanjutnya selalu sama. Anda juga bisa mencatat kapan waktu yang biasanya digunakan untuk memberi makan kucing kesayangan Anda. Secara tidak langsung hal ini akan melatih kucing kesayangan Anda untuk disiplin waktu makan.

Lebih Baik Menggunakan Makanan Kering atau Basah?

Sebenarnya makanan basah dan makanan kering sama-sama baik untuk kucing Anda. Jika ingin memberikan makanan basah, Anda bisa mencampurnya dengan daging segar yang memiliki kualitas terbaik. Makanan ini dapat dijadikan sebagai hidangan utama untuk kucing kesayangan Anda.

Makanan basah sangat cocok diberikan untuk anak kucing karena memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Namun jika kucing sudah mulai berumur sebaiknya kurangi porsi lemak dan ganti dengan makanan yang kaya akan protein dan kadar serat. Sedangkan makanan kering biasanya dipilih untuk merawat usus kucing dan meminimalkan hairballs.

Jangan Paksa Kucing untuk Makan

Meski Anda ingin memiliki kucing yang sehat dan gemuk maksimal, namun Anda juga harus memperhatikan pola makannya. Jangan berikan makanan secara berlebihan. Takaran praktis penyajian makanan kucing adalah 1 pounds atau setara dengan 1 ons pada tahun pertama.

Setelah itu Anda bisa menguranginya menjadi 0,9 pada tahun selanjutnya atau 0,8 ons per 1 pounds berat badannya. Selain itu perlu untuk diingat jangan menumpukkan lemak pada kucing terlalu banyak. Mengapa demikian? Sebab hal ini hanya akan membuat kucing menjadi pemalas.

Kucing Suka Makanan yang Beraroma

Biasanya kucing hanya makan makanan yang beraroma lezat saja. Jadi jika Anda memberi makanan yang terlalu banyak pada mangkuk tidak akan habis dalam sekali makan. Kemungkinan besar sisa makanan tersebut tidak akan dimakan lagi. Hal ini disebabkan karena aroma makanan kucing yang menjadi berkurang.

Pilih Makanan yang Sesuai dengan Kondisi Kucing

Makanan kucing yang terbaik merupakan makanan yang disesuaikan dengan jenis kucing itu sendiri. Misalnya makanan dry food dengan kadar protein tinggi lebih cocok untuk kucing yang sedang hamil. Nah makanan jenis ini tidak cocok untuk kucing dewasa karena sistem pencernaannya yang sensitif. Jadi pastikan pilih makanan yang sesuai dengan kondisinya ya.

Nah itu dia beberapa cara tepat memberi makan kucing. Ternyata memberi makanan kucing Persia juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Selain memperhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan beberapa hal di atas agar kucing kesayangan Anda dapat sehat dan gemuk maksimal.