Beberapa Gejala yang Umum Dialami Oleh Penderita Penyakit Autoimun

Sistem kekebalan tubuh bertujuan untuk menjaga dan melindungi tubuh agar tidak mudah sakit namun terdapat penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel tubuh yang sehat yaitu penyakit autoimun. Sel-sel tubuh yang telah rusak akibat sistem kekebalan tubuh yang salah membuat tubuh menjadi rentan akan penyakit.

Gejala Penyakit Autoimun

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit autoimun berbeda-beda karena terdapat lebih dari 80 jenis penyakit yang tergolong ke dalam penyakit autoimun. Masing-masing jenis penyakit memiliki gejala yang lebih spesifik namun beberapa penyakit memiliki gejala yang sama dan hampir mirip. Umumnya, gejala awal penyakit autoimun adalah :

  1. Nyeri di sekujur tubuh

Nyeri memang sudah umum terjadi pada tubuh dan belum tentu merupakan gejala penyakit autoimun namun jika nyeri berlanjut dengan lama, kemungkinan bisa menjadi gejala penyakit autoimun.

  1. Nyeri sendi

Terkadang nyeri sendi sering dianggap hanya nyeri biasa namun anda harus waspada jika nyeri tidak hilang selang beberapa hari disertai dengan pembengkakan, kaku, hingga sulit digerakkan. Umumnya bagian sendi yang sering diserang yaitu sendi lutut, sendi pergelangan tangan, punggung tangan hingga buku-buku jari.

  1. Rasa kelelahan yang berlebih

Rasa lelah memang umum terjadi apalagi bagi yang baru saja beraktivitas namun rasa lelah yang berlebih dan berkepanjangan walaupu sudah istirahat bisa menjadi gejala awal penyakit autoimun bahkan untuk mengangkat tubuh dari tempat tidur saja terasa berat.

  1. Demam ringan

Gejala awal penyakit autoimun yaitu jika dipegang badan akan terasa hangat namun ketika diperiksa dengan termometer, suhu tubuh masih normal yaitu sekitar 37 derajat celcius.

  1. Rambut mengalami kerontokan parah

Rambut yang rontok memang wajar terjadi namun jika rambut yang rontok sudah melebihi batas dan sangat parah bisa saja menjadi gejala awal penyakit autoimun.

  1. Sering sariawan

Gejala penyakit autoimun yaitu sariawan yang terlalu sering menyerang sehingga menjadi sulit makan dan sakit.

  1. Brain fog

Brain fog adalah istilah ketika otak kita tiba-tiba tertutup oleh kabut. Kondisi ini menyebabkan penderita penyakit autoimun tiba-tiba kehilangan fokus, konsentrasi dan memori entah itu sedang berbicara maupun menulis.

  1. Kesemutan di tangan dan kaki

Kesemutan yang sering terjadi baik pada tangan ataupun kaki diduga menjadi gejala awal penyakit autoimun yang jika dibiarkan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kelumpuhan. Kesemutan juga dapat terjadi di wajah bagi sebagian orang.

Inilah beberapa gejala awal yang sering timbul pada penderita penyakit autoimun. Beberapa gejala memang sudah umum dirasakan dan sebenarnya tidak bahaya namun tetap harus lebih waspada jika gejala yang ditimbulkan selalu menyerang tubuh bahkan hampir setiap hari. Ada baiknya untuk segera diperiksakan untuk mengetahuinya lebih pasti.