Apa Itu Hotel Syariah?

Dewasa ini, hotel atau penginapan berbasis syariah telah marak ada di berbagai wilayah Indonesia. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, hotel syariah memiliki pangsa pasar lebih luas yang sangat diminati khalayak. Namun, pengunjung tidak boleh asal pilih hotel yang menggunakan embel-embel syariah tanpa memenuhi syarat. Yuk, mari memahami pengertian apa itu hotel syariah dengan benar berikut!

Pengertian hotel syariah

Hotel syariah merupakan jasa penginapan yang menawarkan sistem operasional berdasarkan dengan hukum Islam. Dengan prinsip hukum Islam, maka pengelolaan hotel syariah dilakukan secara maksimal agar tidak disalahgunakan oknum nakal untuk kepentingan pribadi. Setidaknya keberadaan hotel syariah bisa meminimalisir risiko maksiat yang menjadi penyakit masyarakat sejak dahulu.

Anda tentu tidak perlu bingung dengan apa itu hotel syariah yang berbasis ajaran Islam. Meskipun menggunakan sistem operasional yang tidak melanggar agama, hotel syariah memberikan kelonggaran menginap untuk non muslim. Mereka bebas menginap kapan saja asal mematuhi setiap aturan yang telah ditetapkan pihak pengelola hotel.

Syarat hotel mendapatkan predikat syariah

Hotel syariah tidak akan mendapatkan predikat tanpa memenuhi setiap persyaratan yang telah ditetapkan. Berikut beberapa syarat sebuah hotel mendapatkan status sebagai hotel syariah di Indonesia antara lain:

  1. Memiliki fasilitas tempat ibadah

Masjid atau tempat ibadah umat muslim merupakan syarat utama yang wajib ada di sebuah hotel syariah.

  1. Wajib mengumandangkan adzan setiap masuk waktu shalat

Para pengunjung tidak perlu khawatir bakal melewatkan masa shalat sebab syarat hotel syariah adalah mengumandangkan adzan setiap masuk waktu shalat. Adzan akan berkumandang lewat pengeras suara yang ada di setiap sudut hotel.

  1. Melarang pertemuan non muhrim di kamar hotel

Jika Anda hendak melakukan meeting dengan kolega berlainan jenis atau non muhrim, maka hotel menyediakan lobby atau pertemuan harus dilakukan di luar hotel. Tidak ada cerita pertemuan dengan non muhrim di dalam kamar, lho!

  1. Tidak ada alkohol

Hotel syariah akan mendapatkan pengakuan sebagai hotel yang berbasis ajaran Islam dengan menyediakan makanan dan minuman halal. Tidak akan ada alkohol di lingkungan sekitar hotel.

  1. Tidak ada izin untuk penggunaan obat-obatan terlarang.
  2. Wajib memiliki rekening bank syariah untuk kemudahan pembayaran sewa dan lain-lain.
  3. Tidak boleh menginap dengan pasangan belum sah

Pihak hotel akan meminta bukti surat nikah sebagai syarat menginap untuk laki-laki dan wanita.

  1. Tidak ada hiasan atau lukisan makhluk hidup sebagai desain eksterior atau interior hotel

Hukum Islam memang melarang hiasan atau lukisan makhluk bernyawa yang bisa mendatangkan lebih banyak mudharat dibandingkan manfaat.

  1. Hotel memiliki sertifikasi halal dari MUI

Sebagai syarat utama yang harus diperhatikan agar hotel mendapatkan predikat hotel syariah adalah sertifikasi halal MUI.

Kelebihan hotel syariah akan memberikan jaminan menginap yang lebih aman dan nyaman. Untuk Anda yang berencana menginap di luar kota, pastikan melakukan check in di hotel syariah. Mau urusan liburan dengan keluarga atau bisnis, hotel syariah bisa mendukung kenyamanan dan kemudahan urusan duniawi tanpa melupakan kewajiban akhirat.

Kini Anda tidak perlu bertanya mengenai pengertian apa itu hotel syariah lagi, bukan? Hotel syariah menawarkan fitur berkelas yang tak kalah unggul dengan hotel konvensional. Tinggal pilih hotel syariah standar atau bintang mewah yang sesuai dengan anggaran penginapan Anda, ya! Menginap di hotel syariah yang lebih murah, berkualitas dan halal, why not?