5 Kreasi Minuman Berbahan Dasar Cappuccino

 Minuman kafe memang selalu menawarkan rasa yang unik dan menarik. Harganya juga terbilang mahal untuk porsi  satu gelasnya. Biasanya disajikan dalam waktu santai seperti berkumpul dengan keluarga, reuni dengan teman dan lainnya. bagi Anda yang ingin menikamti minuman unik, Anda bisa membuat kreasi minuman berbahan Cappuccino yang bisa dicoba!

  1. Kreasi Dry

Bahan utama untuk mengkreasikan jenis  minuman ini yaitu mesin espresso, tongkat uap serta buih susu, 32 ons susu, bubuk kopi halus, air tersaring. Cara membuatnya dengan mengukus susu menggunakan mesin espresso. Lakukan pengukusan dengan mengisikan susu ke wadah lalu mengukusnya  menggunakan tongkat uap pada mesin.

Cara lain untuk mengukus susu dengan menggunakan panci kukus. Panaskan susu dalam panci hingga  terbentuk gelembung. Angkat dan keluarkan susu sebelum mendidih. Hal ini agar busa yang terbentuk tidak pecah alias terbentuk sempurna. Setelah  itu, langkah selanjutnya membuat busa susu, dilanjutkan dengan membuat espresso, lalu mengumpulkan semuanya.

  1. Kreasi Dalgona Coffee

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat minuman ini yaitu gula palem, gula pasir, kopi hitam satu sendok makan, air panas atau hangat satu setengah sendok makan dan susu cair UHT 200 ml. Susu UHT ini dipanaskan dengan api kecil dengan waktu kurang lebih 1-2 menit.

Caranya dengan mencampurkan gula, kopi, dan air kemudian di-mixer hingga adonan kental. Masukkan bahan susu yang telah dipanaskan tadi, setelah itu tuangkan campuran kopi dan gula yang telah dicampur. Berikan topping berupa gula palem atau choco chip di atasnya. Minuman dalgona coffee  siap disajikan.

  1. Kreasi Es Cincau

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu sachet cappuccino bubuk, 500 gram es batu, susu bubuk cokelat, gula pasir, susu full cream, cincau dan air dingin. Cara membuatnya mudah hanya perlu memasukkan satu sachet ke dalam blender lalu menambahkan semua bahan. Blender hingga halus, lalu tuang ke dalam gelas dengan menambahkan topping  parutan coklat.

  1. Kreasi Float

Bahan yang dibutuhkan berupa kopi instan, susu skim, cokelat bubuk, creamer, gula pasir, es serut, dan es krim cokelat. Cara membuatnya cukup mudah dan simpel yaitu masukkan semua bahan tanpa es krim ke blender. Blender semua bahan hingga halus. Kemudian tuang hasil blender ke gelas saji dan berikan topping es krim cokelat di atasnya.

  1. Kreasi Bubble Drink

Bahan yang dibutuhkan membuat minuman ini yaitu tepung tapioka, garam dapur, air panas, pewarna makanan dan susu secukupnya. Cara membuatnya mencampurkan tapioka dan garam dapur dengan air panas, kemudian diaduk hingga kental. Cara selanjutnya membuat butiran kecil dari adonan tersebut dan masak hingga mengapung. Masukkan ini dalam es cappuccino.

Itulah beberapa kreasi minuman berbahan dasar Cappucinno yang bisa dicoba. Masih banyak kreasi lainnya seperti choco granula, es cincau coffee, latte, dan minuman lezat lainnya. Minuman nuansa kafe yang bisa Anda buat sendiri di rumah.