3 Tips Memilih Shampo yang Tepat Agar Rambut Tetap Sehat

Saat ini, sudah begitu banyak merk shampo yang beredar bebas di pasaran. Mulai dari merk lokal hingga internasional, yang murah hingga yang mahal. Anda bisa memilihnya dengan bebas. Apalagi, mendekati bulan Agustus, sudah banyak sekali promo kemerdekaan yang ditawarkan. Anda pun dapat dengan mudah mencari kebutuhan Anda sesuai dengan keperluan dan budget yang dimiliki termasuk shampo.

Rambut dan kulit kepala merupakan bagian luar tubuh yang membutuhkan perhatian ekstra, terutama bagi wanita. Rambut yang sehat pastinya menjadi dambaan semua wanita dikarenakan rambut yang sehat akan menghasilkan rambut yang halus, berkilau, tidak berketombe, dan pastinya menambah kecantikan sang pemilik rambut. Produk yang bisa Anda gunakan untuk merawat dan menambah keindahan rambut pastinya adalah shampo.

Memilih Shampo yang Tepat

Berikut ini adalah 3 tips sederhana yang bisa digunakan dalam memilih shampo yang tepat.

  1. Mengetahui Tekstur Rambut

Untuk memilih shampo yang tepat, Anda harus memperhatikan tekstur rambut Anda terlebih dahulu. Anda harus memperhatikan dengan teliti apakah rambut Anda lurus, bergelombang, tebal, tipis, ujung rambut bercabang, atau apakah tekstur rambut Anda kasar, halus, atau lepek.

Dengan mengetahui tekstur rambut, Anda bisa menilai apakah Anda butuh shampo untuk menghaluskan atau menguatkan. Misalnya, jika tekstur rambut Anda kasar dan bercabang, maka Anda butuh shampo untuk menghaluskan.

  1. Mengetahui Jenis Kulit Kepala

Berikutnya adalah mengetahui jenis kepala Anda. Perlu Anda ingat bahwa tekstur rambut berbeda dengan kulit kepala. Kulit kepala adalah inti yang menentukan apakah Anda akan memiliki rambut yang berketombe, kering atau bahkan normal. Pelajari jenis kulit kepala yang Anda miliki dan pastikan ketika Anda menggunakan shampo yang mungkin dibeli melalui promo kemerdekaan, Anda mencuci rambut hingga keseluruh bagian kulit kepala.

  1. Meninjau Lingkungan Sekitar

Meninjau lingkungan sekitar tempat Anda tinggal, bekerja, dan beraktivitas juga sangat penting dalam menentukan jenis shampo apa yang akan Anda gunakan untuk rambut. Ini dikarenakan lingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi bahkan sampai merubah tekstur rambut Anda.

Pada awalnya Anda mungkin memiliki jenis kulit kepala normal dengan rambut yang lurus. Namun, dikarenakan Anda sering beraktivitas di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, kulit kepala Anda menjadi berketombe dan tekstur rambut menjadi lepek. Jika hal ini terjadi, maka shampo Anda yang sebelumnya diperuntukkan untuk kulit kepala normal, harus diganti dengan shampo untuk kulit kepala berketombe.

Itulah tiga tips yang bisa Anda gunakan dalam menentukan jenis shampo yang Anda akan beli dan gunakan untuk rambut. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya saat promo kemerdekaan dengan harga miring. Pastikan Anda sudah mempelajari tekstur rambut, jenis kulit kepala, dan lingkungan sekitar Anda sebelum membeli produk shampo yang Anda inginkan.