3 Cara Membaca Kadaluarsa Produk Kosmetik Anda

Toner wajah, pelembab, tabir surya, atau berbagai macam kosmetik serta perawatan tubuh lainnya memiliki masa habis pakai atau kadaluarsa sendiri seperti makanan. Anda sebaiknya tidak menyimpan produk-produk kecantikan melebihi masa pakai. Menggunakan produk yang kadaluarsa dapat memicu berbagai risiko alergi dan berbahaya untuk kulit.

Masa Pakai atau Kedaluwarsa Kosmetik

Untuk mengetahui masa pakai produk, ada beberapa cara dalam membaca apakah kosmetik tersebut masih aman dan layak digunakan, diantaranya:

  1. Period After Opening (PAO)

Saat akan membeli sebuah produk untuk kulit, ada baiknya Anda memeriksa bagian belakang kemasan atau di bawah botol produk tersebut. Beberapa kemasan kosmetik dan produk perawatan kulit tertera PAO atau masa guna setelah dibuka. PAO merupakan tanda berapa lama produk memberikan efek terbaiknya dan masih aman digunakan oleh kulit Anda.

Keterangan PAO berupa gambar yang memperlihatkan wadah terbuka disertai angka dan huruf. Sebagai contoh 12M, 6M, dan seterusnya. Angka menandakan lamanya bulan dan huruf M berarti month (bulan dalam Bahasa Inggris).

Sebagai contoh, produk kosmetik Anda menunjukkan 12M. Maka, masa pakai yang aman dengan efek terbaik setelah produk tersebut dibuka adalah 12 bulan. Begitu pula dengan tulisan 6M, masa pakai produk tersebut adalah enam bulan, setelah produk dibuka.

  • Expired Date (Tanggal Kedaluwarsa)

Pada beberapa kosmetik, terkadang tidak mencantumkan gambar PAO, tetapi tertulis langsung tanggal, bulan, dan tahun kedaluwarsanya. Hal ini biasanya ditandai dengan tulisan EXP di kemasan ataupun di tutup kemasan.

Sebagai contoh, pada satu kemasan toner wajah tertulis EXP MAR 22, maka kedaluwarsa produk tersebut adalah bulan Maret tahun 2022. Contoh yang lain terdapat produk bertuliskan EXP 051121. Maka, masa kedaluwarsa produk tersebut adalah tanggal 5 November 2021.

  • Manufactured Date (Tanggal Produksi)

Selain PAO dan Expired Date, Anda juga dapat cek kapan produk tersebut dibuat melalui manufactured date. Biasanya, tanggal produksi ditulis dengan MFG.

Sebagai contoh adalah MFG 081202, maka produk ini dibuat pada 8 Desember 2002. Dengan melihat tanggal produksi, Anda dapat memperkirakan kapan produk ini akan habis masa pakainya.

Memanfaatkan Kosmetik Bekas

Lalu bagaimana dengan produk yang sudah tidak layak pakai, apakah masih dapat digunakan? Beberapa kosmetik masih bisa beralih fungsi, simak tips berikut:

  • Eye shadow

Masa pakai pewarna pada mata atau eye shadow biasanya hanya satu hingga dua tahun. Agar tidak terbuang percuma, Anda dapat menggunakannya sebagai pewarna kuku atau kutek. Campur kutek bening pada eye shadow yang telah dihancurkan dan Anda akan mendapat kuteks baru.

  • Lotion

Lotion yang sudah kedaluwarsa tentu berbahaya bagi kulit. Tetapi Anda tetap dapat memanfaatkannya untuk membersihkan aksesoris yang terbuat dari kulit asli maupun sintetis seperti tas, sepatu, dompet, dan lain sebagianya.

  • Toner Wajah

Masa pakai toner wajah biasanya tidak lebih dari dua tahun setelah dibuka. Terkadang, pemakaian tidak terlalu banyak atau bahkan mungkin terlupakan. Apabila Anda masih memiliki sisa toner tetapi sudah lewat masa pakainya Anda dapat menggunakannya sebagai pembersih meja, kaca, atau permukaan lainnya.

Berikut Toner Wajah terbaik yang bisa Anda coba di selama di rumah.

Kiehl's Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Kiehl's Cucumber Herbal Alcohol-Free Toner

Kiehl’s Cucumber Herbal Alcohol-Free Toner

Semoga tips di atas bermanfaat, ya.